Cara Mengecat Lantai Menggunakan Epoxy | SPARINDO MUSTIKA


Disini akan diuraikan tahapan cara mengecat lantai beton dengan teknik dan cara epoxy lantai menurut prosedur kami. Sebelum mulai pengecatan lantai beton, terlebih dahulu harus dihitung luas area pekerjaan dan menentukan warna cat epoxy yang diinginkan. Dengan begitu kontraktor epoxy lantai dapat menyiapkan terlebih dahulu material bahan epoxy lantai yang diperlukan. Langkah pertama adalah mengosongkan area kerja, membebaskan dari barang-barang yang mungkin dapat mengganggu pekerjaan. Area kerja yang kosong akan mempermudah sehingga tidak ada hambatan dalam proses pengerjaan epoxy lantai.



Grinding Untuk Membuka pori-pori Lantai Grinding adalah proses mengupas atau membuka pori-pori lantai. Dalam proses pengerjaan epoxy lantai, aplikasi grinding ini juga sangat efektif membebaskan lantai dari noda bekas minyak atau debu yang sudah lama dan mengeras. Proses grinding ini wajib dilakukan agar cat epoxy dapat merekat sempurna masuk ke pori-pori lantai tanpa terhalang oleh kotoran.

Primer Epoxy Aplikasi Primer Epoxy adalah coating pertama dalam proses pengerjaan epoxy lantai. Lantai yang sudah di buffing kemudian dillapisi primer epoxy secara merata ke seluruh permukaan lantai. Umumnya menggunakan raskam, bisa juga menggunakan roll agar dapat menjangkau lebih jauh. Setelah aplikasi primer epoxy biarkan selama beberapa jam hingga mengering. Plamir Epoxy Setelah primer, selanjutnya adalah pengecatan plamir epoxy ke seluruh permukaan lantai. Proses aplikasi ini dilakukan menggunakan raskam atau kape scrap, setelah selesai plamir epoxy biarkan selama beberapa jam hingga kering.

Sortir Plamir Sortir plamir yaitu proses pengecekan hasil plamir, proses ini bertujuan untuk memastikan bahwa plamir benar-benar merata. Aplikasi ini tidak menyeluruh dalam proses pengerjaan epoxy lantai, hanya menambahkan pada bagian-bagian yang kurang saja. Plamir yang tidak merata dapat mempengaruhi warna yang akan terlihat belang setelah pengecatan epoxy mencapai finish.

Pengecatan Epoxy Dasar Setelah beberapa tahap diatas selanjutnya dilakukan aplikasi epoxy warna sebagai lapisan dasar epoxy coating (Base Coat). Setelah pengeringan cat epoxy dasar selama beberapa jam kemudian dilakukan pengamplasan pada seluruh permukaan lantai.

Finishing Finish (Top Coat) adalah aplikasi terakhir pada proses pengerjaan epoxy lantai. Pada tahap ini prosesnya sama seperti pengecatan epoxy dasar yaitu mengulang prosesnya untuk mendapatkan ketebalan epoxy coating sesuai yang ditentukan. Itulah beberapa tahapan cara mengecat lantai beton. Untuk informasi perhitungan harga dapat dibaca pada artikel Harga Cat Epoxy Lantai. Jika anda membutuhkan jasa pengecatan epoxy untuk lantai beton atau ingin mengetahui lebih detail tentang proses pengerjaan epoxy lantai silakan hubungi kami melalui contact atau chat yang tersedia.